Cara Setting Konfigurasi Mikrotik di VirtualBox

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu : 
Setelah Mikrotik berhasil di install, maka kita perlu setting konfigurasi mikrotik tersebut agar terhubung dengan komputer host / komputer nyata.

langkah-langkah setting konfigurasi mikrotik di virtualbox.

  • Isikan username dan password mikrotik (username default mikrotik pertama kali setelah installasi adalah "admin" dan password kosongkan saja.
  • Kemudian tekan enter.
  • Untuk memastikan bahwa terdapat interface aktif yang terpasang pada virtual machine mikrotik, ketik "interface print" kemudian tekan Enter, maka muncul Name R ether1 (lihat gambar)
  • Selanjutnya yaitu kita akan memberikan alamat IP pada ether1 mikrotik sesuai dengan IP komputer host, misalnya komputer kita memiliki alamat IP 192.168.1.33, maka alamat IP pada mikrotik akan kita setting menjadi 192.168.1.34 dengan cara ketik "ip address add address 192.168.1.34 netmask 255.255.255.0" kemudian tekan Enter.
  • Muncul Interface : ketik "ether1" Enter.
Prinsipnya yaitu kita memberikan alamat IP pada mikrotik satu network dengan alamat IP pada komputer Host / komputer nyata.
Setelah alamat IP pada mikrotik selesai di setting, selanjutnya kita akan menggunakan Winbox untuk setting konfigurasi mikrotik selanjutnya.
  • Buka Winbox yang telah anda download, kemudian klik tanda .... , pilih MacAddress atau IP yang muncul pada winbox (lihat gambar)
  • Masukkan Login dengan "admin" kemudian klik Connect, jika berhasil akan muncul halaman RouterOS welcome seperti pada gambar dibawah ini, kemudian klik OK.
  • Langkah selanjutnya yaitu setting DNS, dengan cara klik IP - DNS, pada bagian server isi dengan gateway internet anda contoh 192.168.1.1, untuk menambah server klik panah segitiga bawah, isikan dengan dns google, yaitu 8.8.8.8, kemudian checklist pada "Allow remote requests" kemudian klik OK.
  • Langkah selanjutnya yaitu setting Firewall NAT, fungsinya yaitu agar mikrotik dapat terkoneksi dengan internet. caranya klik IP-Firewall, klik pada tab NAT. untuk menambah settingan, klik tanga + berwarna biru pada bagian kiri atas, kemudian pada tab general, bagian chain di isi srcnat, pada tab action di isi masqueerade, kemudian klik OK.
  • Cara melihat apakah mikrotik telah terhubung dengan internet yaitu dengan cara klik New Terminal, keting "ping google.com" kemudian Enter.
Demikian artikel Cara Setting Konfigurasi Mikrotik di VirtualBox yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat bagi para pengunjung.
This Is The Newest Post